8 Hal Yang Sering Terjadi Ketika Kamu Dapat Gaji Pertama

8 Hal Yang Sering Terjadi Ketika Kamu Dapat Gaji Pertama

Sejak saya SD di tahun 1996 sampai hari ini selalu ada kalimat “Cari Kerja tuh sulit” apa lagi kalau engak kuliah akhirnya banyak nih generasi 90-an yang di kuliahkan, namun setelah saya SMA tepatnya sebelum Ujian Nasional banyak tuh sarjana-sarjana yang ngeluh “cari kerja tuh sulit, punya ijazah kuliah belum tentu dapet kerja apa lagi yang engak punya ijazah”. Dan selalu begitu terus waktu ke waktu yang di bahas ‘cari kerja itu sulit’ dan akhirnya ketika saya lulus kuliah dan masuk tuh ke fase penganguran, dan ketika saya ngangur saya mulai cari penghasilan dari jualan online sambil kerja, namun saya biasanya dapet pekerjaan yang sifatnya proyekan 6bulan kelar abis itu cari kerjaan lain dan di satu titik saya mengalami tuh muter-muter cari kerja dari jogja sampai surakarta dan engak dapet kerjaan, tapi satu hal yang saya pahmi pas saya engak dapet kerjaan padahal udah jauh-jauh kesurakarta, waktu itu justru kepikiran begini ‘saya bukannya engak dapet kerjaan tapi kemampuan yang saya punya saat itu tidak sesuai dengan keinginan perusahaan’. Dan ketika kita mencari perusahaan yang memiliki bidang kemampuan sesuai kemampuan yang kita punya keterima juga coy, kadang tuh cari kerjaan itu bukan susah, kerjaan tuh banyak banget cuma kerjaan yang sesuai dengan kemampuan kita atau sesuai keinginan kita itu yang dapetinya lama, kenapa itu terjadi karena kita nyarinya di tempet yang salah.

Nah itu sekedar pembukaan aja coy, kamu pasti punya cerita berbeda waktu dapet pekerjaan tapi ada satu kesamaan yaitu sama-sama pernah mengalami gaji pertama. Iya ketika kita dapet kerjaan apa lagi untuk pertama kalinya kamu kerja salama hidupmu setelah kamu bertahun-tahun sekolah/kuliah momen yang kita alami tuh sama momen dimana untuk pertama kalinya dapet gaji pertama. Kalau saat ini kamu baru aja masuk kerja di pekerjaan pertamamu maka kamu akan mengalami 7 Hal yang sering terjadi ketika dapet gaji pertama :

8-Hal-Yang-Sering-TerjadiKetika-Kamu-Dapat-Gaji-Pertama
    Via PEXEL

Traktiran

Hal paling sering dilakukan kebanyakan orang ketika dapat gaji pertama adalah Traktir-traktir, sepertinya traktir saat gaji pertama ini semacam wujud ritual sosial lingkup pertemanan. Kalau orang-orang yang punya teman dekat atau sahabat biasanya saat ada anggota dari pertemanan itu dapet gaji pertama pasti akan traktiran di susul dengan anggota pertemanan lainya. Selain traktir di anggota pertemanan traktiran ini juga di berikan kepada pacar/gebetan dan keluarga. Yaah jadi semacam ritual social bagi orang yang punya gaji pertam sih.

Beli HP

Nah hal ini juga sering terjadi ketika momen dapet gaji pertama, baik HP lama di jual terus di tambahi pakai gaji pertamanya untuk upgrade HP terkini atau memang gajinya cukup buat operasional dan nambah HP yang kekinian. Enaknya di jaman sekarng sih udah banyak tuh aplikasi di play store yang menawarkan kredit HP dan gadget lainya, makin kesini peminat kredit HP via aplikasi ini pun makin ramai.

Bingkisan Buat Orang Tua

Ada beberapa anak yan sengaja menyisihkan gaji pertamanya untuk di berikan kepada orang tuanya bisa dalam bentuk uang tunai ataupun transferan, namun ada beberapa orang tua yang menolak pemberian uang dari anaknya nah seringnya ini di bentukin barang sama si anak buat orang tua entah di belikan pakaian, sendal, perabotan rumah atau barang-barang lainya.

Di Pinjem Duitnya

Hal ini yang paling menyebalkan, memang orang yang berhutang itu orang yang lagi kesulitan keuangan dan memerlukan bantuan keuangan tapi masalahnya adalah tidak semua yang diberi pinjaman mau mengembalikan tepat waktu bahkan tidak semua yang mau mengembalikan kan makin sengsara itu.  Ketika kamu terlihat sudah punya pekerjaan entah berapapun gaji yang kamu dapatkan selalu ada aja orang yang datengin kamu dan baik-baikin kamu setelah itu minjem duit ke kamu. Pas ngasih duit kadang berasa lega bisa bantu orang tapi pas nagih duit nah itu kita kadang kita malah dimarahin bahkan di musuhin sama yang pinjem duit.

Minta Kerjaan

Kamu pasti inget cerita saya diatas, kalau sudah sejak lama orang-orang meyakini kalau cari pekerjaan itu susah dan ada keyakinan satu lagi nih yaitu keyakinan kalau cari pekerjaan itu susah tanp bantuan orang dalam, yaa point kedua ini memang ada benarnya sih, seperti perekrutan karyawan oleh HRD kadang HRD lebih tertarik dengan karyawan yang di rekomendasikan oleh pegawai lain. Nah biasanya kalau kamu sudah kerja bahkan belum sampai dapet gaji pertama kamu udah di hubungi orang-orang nanyain kerjaan kamu, nanyain ada lowongan tidak bahkan minta tolong buat masukin dia ke tempat kamu kerja, nah yang nyebelin itu kita di teror tiap hari di tanyain “gimana bisa masukin saya atau enggak nih” walaupun ada pertanyaan seperti itu biasanya ada kalimat tambahan lagi “tolong lah temen mu ini , kamu engak kasih sama aku, aku loh dulu pernah bantuin kamu, bisa udah aku bisa kerja di tempat kamu, kamu aja bisa kerja disana apa lagi aku juga bisa ngerjain”.

Diajak Nikah

Emm…sedikit sih kejadian seperti ini, terlebih kalau kamu dan pasangan kamu punya prinsip dan komitmen untuk membangun keuangan yang sehat dulu baru nikah biar ketika kalian menikah kalian tidak punya masalah keuangan. Tapi ada juga loh kejadian yang cewek atau orang tua yang cewek minta kalian nikah cepet-cepet apa lagi udah punya kerjaan dan ada penghasilan.

Ditawari Kreditan

Biasanya ini terjadi di lingkup tempat kamu kerja, ada beberapa orang di tempat kerja kamu yang ikut member MLM atau jadi dropshiper atau juga punya usaha sampingan lainya yang nawarin kamu barang-barang jualanya nah ada yang sistemnya murni beli dan ada yang di kredit. Dan itupun baru lingkungan kantor belum lagi kalau lingkungan pertemananmu atau tetangga mu adalah seorang sales kreditan mulai kreditan HP, Motor, Perabotan Rumah, Elektronik dan Pakaian.

Mewujudkan Keinginan

Ini sudah pasti dilakukan setiap orang, yang membedakanya adalah terjangkau atau tidak terjangkau harga barang atau harga keinginannya, seperti keinginan beli rumah, keinginan beli tv led, keinginan liburan ke lombok dan sebagainya pada posisi ini biasanya seseorang akan menabung sebagian gajinya untuk mewujudkan impian dan sebagian orang lainya memilih mengubur keinginannya dan melanjutkan hidupnya. Tapi kalau keinginanmu mudah di jangkau seperti wisata kuliner di daerah sekitar mu, shoping baju, beli model kit tentu mulai gaji pertama kamu tidak sayang untuk mengeluarkanya.

Yaa itu 8 hal yang sering dilakukan ketika seseorang dapet gaji pertamanya, tentu banyak lagi hal-hal dilakukan ketika dapet gaji pertama namun yang paling sering yaa 8 ini. Kalau kamu suka tulisan ini kamu boleh loh share ke socmed kamu biar temen-temenmu bisa baca juga.

Citcat

comments